Sabtu, 27 Oktober 2012

GLOBALISASI YANG TAK TERBENDUNG DI KALANGAN REMAJA


Apakah globalisasi itu? Globalisasi merupak kemajuan IPTEK dalam segala bidang yang mengakibatkan terjadinya proses mendunia. Di saat seperti ini globalisasi memang sudah tidak dapat lagi dicegah. Terutama pada kalangan remaja, khsusnya di Indonesia. Globalisasi bisa melalui mana saja seperti, internet, televisi, maupun dari mulut ke mulut.
Seperti yang saat ini terjadi di Indonesia. Sudah banyak remaja yang demam K-Pop, Hollywood dan Bollywood, serta lebih menyukai produk luar dari pada produk lokal. Akhirnya hal tersebut bisa mengkibatkan kurangnya rasa nasionalisme.
Banyak sekali manfaat yang disebabkan pesatnya globalisasi, misalnya seperti memudahkan untuk memperoleh informasi pengetahuan, menambah wawasan sosial, mudahnya komunikasi antar daerah, dan pertukaran budaya dari berbagai daerah atau negara.
Selain itu globalisasi telah mengubah sifat remaja jaman sekarang. Mereka lebih senang hidup konsumtif, individualisme, gaya hidup ke barat – baratan, dan hilangnya rasa nasionalisme. Itu merupakan sifat yang harus dijauhkan dari calon penerus bangsa.
 agama dan keyakinan merupakan filter terpenting untuk seseorang membedakan antara yang baik dan yang buruk dalam kehidupan. Begitu pula dengan orangtua dan guru memiliki peranan yang penting, biasanya anak yang kurang mendapat perhatian lebih mudah terpengaruh dampak – dampak globalisasi.
Maka dari itu pilihlah hal – hal baru yang sesuai dengan budaya bangsa kita. Ambil saja sisi positifnya, dan jangan merusak citra bangsa dengan budaya asing yang kurang layak dicontoh, dan keimanan serta ketakwaan jangan sampai tergerus dengan derasnya era globalisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar